Kamis, 27 November 2008

PELUANG JASA KONSULTANSI SEMAKIN BESAR

Peluang pasar jasa konsultansi di Sumatera Utara dalam beberapa tahun terakhir mengalami pertumbuhan yang relatif baik. Hal tersebut terlihat dari berbagai pengumuman pelelangan di media massa baik itu harian lokal dan nasional. Namun beberapa hal di Kabupaten/Kota masih belum memperlihatkan upaya ke arah untuk penumbuhan peran jasa konsultansi yang cukup berarti dalam kegiatan pembangunan di daerah Kab/Kota.
Adalah tugas bersama bagi para pelaku bisnis jasa konsultansi melakukan upaya pemasaran terhadap berbagai Kabupaten/Kota bahwa peranan dunia usaha jasa konsultansi akan meningkatkan produktivitas daerah tersebut.
Dalam memasarkan jasa konsultansi tersebut perlu memberikan kesadaran mendalam bahwa keberadaan konsultan tidak hanya dalam arti sempit yaitu pekerjaan jasa konsultansi perencanaan dan pengawasan. Dalam perspektif yang sesungguhnya bahwa kegiatan atau proyek tersebut dimulai dari ide, konsep, rencana, implementasi dan monitoring, yang sering disebut dengan project lifecycle (daur hidup atau siklus proyek). Pada tataran ideal bahwa tahapan siklus proyek ini membutuhkan keberadaan jasa konsultansi. Malah pada tahapan ide sungguh besar peran jasa konsultansi.
Memang untuk meningkatkan peran jasa konsultansi tidak hanya tugas dari penyedia jasa konsultansi untuk memasarkan ide, perlu peran dari asosiasi perusahaan jasa konsultansi seperti INKINDO, para pemerhati pembangunan, legislatif dan stakeholder lainnya.
Melihat kenyataan bahwa Propinsi Sumatera Utara yang terdiri dari 28 Kabupaten/Kota dan ditambah dengan beberapa Kabupaten yang baru dimekarkan yang kini sedang persiapan sungguh besar potensi pasar jasa konsultansi. (MT)